Kamis, 20 Agustus 2015

GELAR LULUSAN DAN 13 BUTIR KOMPETENSI-SERTIFIKASI KEAHLIAN (SKA) ARSITEK IAI.



__GELAR____

sesuai dengan Peraturan Menteri no 54 tahun 2014 tentang rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi serta gelar lulusan perguruan tinggi direkomendasikan nomenklatur sebagaimana berikut:
  1. Diploma (D3)-program studi (gambar arsitektur)-Terminologi Internasional (Architectural Drafting)-gelar(Ahli Madya)-singkatan  (A.md.Ars)-SKPI (Gambar Arsitektur)-no kode (52.602.01.01).
  1. Sarjana (S1)-Program Studi (Arsitektur)-Terminologi Internasional (Architecture)-Gelar (Sarjana Arsitektur)-Singkatan (S.Ars)-SKPI (Arsitektur)-no kode (61.602.01).
  1. Profesi-Program Studi (Arsitektur)-Terminologi Internasional (Architecture)-Gelar (Arsitek) Singkatan (Ar)-SKPI (Arsitek)-no kode (73.602.01).
  1. Megister (S2)-Program Studi (Arsitektur)-Terminologi Internasional (Architecture)-Gelar (Megister Arsitektur)-Singkatan (M.Ars)-SKPI (Arsitektur)-no kode (81.02.01).
  1. Doktor (S3)-Progran Studi (Arsitektur)-Terminologi Internasional (Architecture)-Gelar (Doktor Arsitektur)-Singkatan (Dr.Ars)-SKPI (Arsitektur)-no kode (91.602.01).


                        KOMPETENSI PENDIDIKAN TINGGI ARSITEKTUR DI INDONESIA
                                                                    TAHUN 2012
related:aptari.org/wp-content/uploads/2012/02/Draft-Kompetensi-Arsitek-Aptari-v-Feb-2012.pdf gelar lulusan teknik arsitektur dan 13 butir kompetensi

 I. LANDASAN HUKUM
• UU RI no: 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
• UU RI no: 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
• PP no: 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
• PP no: 66 tahun 2010 tentang Pendidikan
• Kepmen No.232/U/2000 dan Kepmen No.45/U/2002 tentang Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi
• SK DirJen Dikti No.43/Dikti/Kep/2006 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi
• UU no: 18 tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi
RUJUKAN
• Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi 2008
• Unesco - Union Internationale de Architecte (UIA) Charter (2005): Design, Knowledge, Skills i
• 13 Butir Kompetensi IAI.
• ASEAN MRA for Architectural Services
• Piagam Deklarasi Pendidikan Arsitektur Indonesia 2010


II. Alur Kualifikasi Pendidikan Tinggi Arsitektur dan Hubungannya dengan Dunia Profesi


Tabel 1. Alur Kualifikasi Pendidikan Tinggi Arsitektur dan hubungannya dengan Dunia Profesi.



Tabel 2. Pembagian Peran antara Perguruan Tinggi dan Organisasi Profesi Arsitek dalam hal Pendidikan Arsitek


 Tabel 3. Equivalensi terhadap lulusan Perguruan Tinggi Arsitektur sesudah dan sebelum tahun 2009
dengan Program Pendidikan Arsitek (PPAr) dan Sertifikasi Arsitek
III.

III. Profil Lulusan Program Pendidikan Tinggi Arsitektur di Indonesia
  •  S1: Sarjana yang mampu merancang dan menguasai ilmu arsitektur pada tingkat dasar
  •  S2: Magister yang menguasai ‘state of the art’ perancangan & ilmu arsitektur
  •  Profesi: Lulusan yang siap mengembangkan diri menjadi arsitek profesional
  •  S3: Doktor yang mampu mengembangkan state of the art ilmu arsitektur
  •  D4/S1 Terapan : Sarjana yang mampu membuat gambar kerja dan memahami aplikasi teknisnya pada bangunan.
  •  D3: Diploma yang mampu membuat gambar kerja
IV. Gelar
  •  Gelar S1 : Sarjana Arsitektur (S.Ars.)
  •  Gelar S2 : Magister Arsitektur (M.Ars.)
  •  Gelar Program Profesi:
a. Arsitek (Ars) – 1 tahun
b. Magister Arsitektur (M.Ars) + sertifikat profesional – 2 tahun
  •  Gelar S3 : Doktor (Dr)
  •  Gelar S1 Terapan: Sarjana Teknik Bangunan (S.T.B)
  •  Gelar D3 : Diploma Teknik Bangunan (Dipl. T.B)
V. Tingkat Kompetensi

Kesadaran: mengenal informasi tertentu (termasuk definisi, konsep, aturan, metode, proses, atau pengaturan), dan dapat mengingat informasi dengan benar tanpa harus mampu merumuskannya dengan bahasa sendiri.
Pemahaman: memahami dan memadukan informasi, serta mampu merumuskannya dalam bahasa sendiri, tanpa harus mampu mengaitkannya dengan bahan lain atau melihat implikasi sepenuhnya.
Kemampuan: memiliki kemampuan dalam memilih dan mengolah informasi spesifik (sesuai dengan situasi) untuk menyelesaikan tugas dan menerapkannya sebagai solusi masalah tertentu. 



1 komentar :

  1. Gambling in the USA (2021) - The Online Gambling Association
    There is titanium jewelry a wide variety of online gambling titanium rod in leg sites and Gambling Sites titanium dioxide skincare - 해축 보는 곳 The Online Gambling Association has been active since the titanium necklace 1980s.

    BalasHapus